Passion, Purpose, dan Profit Dalam Menjual

Saya ingin membantu Anda untuk menemukan alasan yang sangat kuat mengapa Anda menjual. Begini caranya, paling tidak temukan alasan Anda dalam 3P berikut ini, passion, purpose, dan profit.

Pertama, sebaiknya kita menjual karena passion pada bidang itu. Baik passion pada proses penjualannya ataupun pada produk atau jasa yang Anda jual.

Ada teman saya yang sangat cinta pada air yang sehat dan berkualitas. Karena itu, dia menjual alat untuk membuat air yang sehat. Kita biasa kenal produk itu sebagai air dengan pH tinggi. Karena passion-nya itu maka dia menjual dengan sangat gigih.

Orang yang memiliki passion tidak mudah menyerah dengan kesulitan yang ditemuinya di tengah jalan. Passion membuat kita semangat menghadapi setiap masalah atau hambatan yang muncul.

Kedua, menjual haruslah karena ada misi yang ingin kita capai. Misi itulah purpose kita. Sebagai penjual uang tidak selalu harus menjadi tujuan utama kita. Purpopse kita harus lebih besar dari sekedar uang.

Ada teman saya yang memiliki bisnis biro perjalanan umroh. Purpose nya adalah membantu setiap orang yang berangkat umroh agar dapat mengalami transformasi jiwa dan keimanan. Dia menyusun rangkaian acara umroh dan pelayanannya agar setiap peserta dan tergugah jiwanya.

Purpose teman saya adalah agar setiap yang berumroh dapat menjadi pribadi yang lebih baik. Karena semangat itulah dia terus mencari prospek siapa yang ingin berangkat umroh. Dia juga melakukan edukasi kepada orang-orang banyak, walaupun belum menjadi prospek. Semua itu dia lakukan tanpa lelah karena purposenya yang sangat kuat.

Ketiga, menjual haruslah menghasilkan profit atau keuntungan. Baik dalam bentuk komisi bernilai uang ataupun nilai lainnya. Kalau kita tidak sangat mengharapkan profit maka usaha kita dalam menjual tidak akan maksimal.

Bayangkan orang yang sudah tidak punya kebutuhan apapun, apakah dia masih ingin menjual sesuatu?

Pahamilah alasan mengapa Anda harus menjual! Alasan itu bisa berupa keinginan untuk memberikan nafkah yang lebih baik kepada keluarga. Atau, keinginan untuk menyekolahkan anak ke sekolah yang tebaik, memiliki rumah yang lebih baik, memberikan mobil kepada istri, orang tua, atau anak.

Alasan mendapatkan profit itu tidak selalu harus untuk kepentingan pribadi. Bisa juga Anda berkeinginan untuk menyantuni anak-anak yatim atau ingin membangunkan rumah ibadah untuk masyarakat. Atau, kegiatan sosial lainnya.

Milikilah alasan dalam bentuk passion, purpose, dan profit itu agar penjualan Anda berlimpah.