Semua Orang Perlu Menjual Sesuatu

Pada dasarnya setiap orang adalah penjual apapun pekerjaan dan profesinya. Apakah Anda berprofesi sebagai pejabat negara, sebagai dokter, sebagai artis, bahkan sebagai ibu rumah tangga. Pasti, Anda harus menjual sesuatu.

Dokter yang ingin pasiennya mau mengikuti cara pengobatan maka dia harus meyakinkan pasiennya itu. Dia harus memberikan fakta hasil pemeriksaan, menjelaskan tahapan pengobatan, dan menyampaikan kata-kata persuasif agar pasien tersebut mau mengikuti saran tersebut.

Pada saat itu, dokter sebenarnya sedang “menjual’’ cara pengobatannya kepada pasien.

Calon pemimpin berkampanye dan ingin agar masyarakat memilihnya juga harus “menjual dirinya dan gagasannya”.

Artis pun harus menjual karyanya agar penggemarnya menyukai karya itu dan mau membelinya.

Seorang ibu yang ingin agar anaknya mau makan sayuran misalnya, maka dia harus mampu meyakinkan bahwa sayuran itu baik dan diperlukan anaknya.

Menjual memiliki berbagai bentuk. Ada yang menjual produk atau jasa untuk mendapatkan penghasilan. Ada juga yang menjual gagasan untuk digunakan dalam kebijakan. Atau sekedar meyakinkan orang lain untuk menerima idenya.

Karena itu, kemampuan menjual sudah pasti dibutuhkan setiap orang. Terlebih lagi bagi entrepreneur, pemimpin, dan sales profesional. Setiap organisasi membutuhkan kompetensi menjual dalam berbagai bentuk.

Untuk itulah buku ini hadir. Buku ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan membangun keahlian menjual. Khususnya bagi mereka yang memang menjual produk atau jasa untuk mendapatkan penghasilan. Kita menyebut mereka para sales profesional. Namun, buku ini juga dapat digunakan para entrepreneur, pemimpin, manajer, dan siapa saja yang berminat dalam bidang penjualan.

Buku ini merangkum berbagai pengetahuan, pengalaman, serta tips-trik, dari para pelaku marketing dan sales. Semua itu diperoleh dari buku-buku, seminar dan workshop, maupun pengalaman sendiri yang saya alami.

Referensi lebih lanjut dari buku saya cantumkan di bagian akhir, agar Anda dapat mencari sumbernya secara langsung.

Materi yang saya sampaikan di buku ini sebagian besar sudah disampaikan dalam pelatihan atau dipraktikkan langsung. Lebih dari itu, semua materi itu telah menunjukkan hasil nyata bagi yang menjalankannya. Tentu saja hasilnya bisa berbeda-beda, tergantung kesungguhan action masing-masing orang dan bidang bisnisnya.

Oleh karena itu, saya ingin menyampaikan, bahwa apa yang tertulis dalam buku ini hanya memberikan hasil bila dilaksanakan. Dan sayapun tidak bisa menjamin besar kecilnya hasil yang diperoleh. Karena, hanya Allah Yang Maha Kuasa lah yang dapat memastikan semua hasil usaha manusia.

Karena itu, disamping mempelajari dan mempraktikkan buku ini, selalu mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa pun menjadi syarat penting dalam penjualan.

Akhirnya penulis menutup pengantar ini dengan mengingatkan bahwa dunia penjualan selalu berubah. Dari satu tren menuju tren lainnya mengikuti perubahan manusia itu sendiri. Ilmu atau trik yang hari ini sangat sukses, mungkin tidak lagi berguna di tahun depan.

Karenanya, Sales Champion tidak mungkin berhenti belajar. Buku ini pun tidak mungkin menjadi satu-satunya sumber rujukan Anda. Teruslah belajar, teruslah berlatih, dan teruslah berkembang.