Tahun Baru, Sumber Income Baru

Di akhir tahun 2019 yang lalu, Kompas menuliskan “Siap-siap, Ini Daftar Tarif dan Harga yang Bakal Naik pada 2020.” Ini satu artikel yang sangat mencemaskan pastinya. Terutama untuk para ibu rumah tangga.

Di antara kenaikan yang paling signifikan adalah iuran BPJS, naik 64% untuk kelas III, naik 115% untuk kelas II, dan naik 100% untuk kelas I. Begitu juga untuk tarif tol akan naik di beberapa ruas jalan. Padahal sebelumnya pun, sudah banyak harga-harga yang naik. Para ibu pasti tahu persis ini.

Jangan sepelekan kenaikan harga-harga ini bagi kondisi keluarga kita. Apa kaitannya ekonomi dengan keluarga? Besar sekali lho dampaknya ekonomi pada keluarga.

Pernah dengar kan kalau faktor utama masalah yang menjadi penyebab perceraian ada 2, yaitu perekonomian keluarga dan pertengkaran yang terus menerus? Ini bukan ngarang lho, ini data yang diperoleh dari gugatan cerai yang tercatat di Mahkamah Agung tahun 2015-2018.

perekonomian keluarga dan pertengkaran yang terus menerus 2 faktor utama perceraian

Data Mahkamah Agung Tahun 2015-2018

Data yang serupa juga dituliskan berbagai media dari luar negeri majalah Business Insider menuliskan: “Money and stress very often go hand in hand, whether it’s because of an overextended budget, an unexpected financial emergency, or even the discovery of your spouse’s secret credit card.”

Uang dan stres berjalan seiring, bisa jadi karena belanja yang berlebihan, emergensi keuangan, dan penggunaan kartu kredit oleh pasangan secara diam-diam.

Karena itu, salah satu langkah membuat keluarga kuat adalah memperkuat ekonomi keluarga. Sudah saatnya kita sebagai keluarga mulai memikirkan dan membangun kekuatan ekonomi keluarga. Suatu sumber penghasilan baru yang dapat membantu memenuhi kebutuhan hidup yang semakin tinggi.

Tapi ingat selain meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga dengan penghasilan tambahan, kita juga harus meningkatkan kualitas hubungan keluarga. Di sinilah pentingnya mencari sumber penghasilan yang tidak menyita waktu.

Sumber penghasilan baru, jangan sampai jadi masalah baru. Yaitu, makin jauhnya hubungan dengan keluarga. Waktu tersita untuk mengurus bisnis. Energi habis untuk menjalankan bisnis. Akhinya, keluarga justru tidak mendapat perhatian penuh.

Bagaimana? Siap menyambut tahun 2020 dengan sumber penghasilan baru?